PT Jasa Angkasa Semesta Tbk Kembali Ditetapkan sebagai Cargo Terminal Operator di Bandara I Gusti Ngurah Rai dan Juanda

PT Jasa Angkasa Semesta Tbk (JAS Airport Services) kembali dipercaya sebagai Cargo Terminal Operator (CTO) di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Denpasar dan Bandara Juanda Surabaya, setelah terpilih sebagai pemenang dalam seleksi mitra yang diselenggarakan oleh Angkasa Pura I untuk meningkatkan Level of Services pada layanan dan operasional Terminal Kargo dan Pos yang berstandar global.

“Kami merasa terhormat atas kepercayaan yang diberikan Angkasa Pura I untuk kembali mengangkat JAS Airport Services sebagai CTO di station Denpasar dan Surabaya. Hal ini menunjukkan bahwa Angkasa Pura I terus mempercayakan JAS Airport Services untuk mendukung optimalisasi penanganan kargo di kedua bandara tersebut sesuai dengan standar internasional,” kata Adji Gunawan, Presiden Direktur dan CEO JAS Airport Services di Cengkareng, Jumat (26/8).

Sesuai rencana, JAS Airport Services akan mengelola Terminal Kargo dan Pos Internasional di Bandara Juanda Surabaya mulai 1 Desember 2022 dan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Denpasar mulai 1 Januari 2023.

“Semoga ke depannya, JAS Airport Services dapat terus menjaga kepercayaan Angkasa Pura I dalam mendukung optimalisasi bisnis kargo di kedua bandara ini dan memperkuat peran kami sebagai CTO di kedua bandara internasional tersebut,” tambah Adji.

Terpilihnya kembali JAS Airport Services sebagai Cargo Terminal Operator (CTO) di kedua bandara ini secara resmi ditandai dengan penyerahan Surat Izin Prinsip Kerja Sama Usaha Jasa terkait Penanganan Kargo dan Pos Internasional di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar dan Bandara Internasional Juanda, Surabaya, dari Rene Van Joost, VP Cargo and Logistics Development Angkasa Pura I, kepada Yoyok Priyowiwoho, VP Business Development PT JAS Airport Services, dan Heri Lukmanto, VP Cargo Operation JAS Airport Services di Jakarta pada Kamis (25/8).

Dendi T. Danianto, Direktur Pengembangan Usaha PT Angkasa Pura I, mengungkapkan bahwa seleksi terbuka ini diharapkan dapat membawa dampak transformasi teknologi, peningkatan fasilitas, serta peningkatan keahlian untuk mendukung peningkatan Level of Services dan Cargo Throughput, serta operasional Terminal Kargo dan Pos yang berstandar global.

Untuk terus mempertahankan kepercayaan Angkasa Pura I sebagai CTO, JAS Airport Services senantiasa menjaga standar layanan dengan berbagai sertifikasi internasional yang diakui, salah satunya adalah re-sertifikasi ISAGO dari IATA (sertifikasi perusahaan ground handling sesuai dengan standar internasional) di empat station PT Jasa Angkasa Semesta, yaitu Bandara Internasional Soekarno Hatta (CGK), Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai (DPS), Bandara Internasional Juanda (SUB), dan Bandara Internasional Kualanamu (KNO) pada awal tahun 2022.

Dalam operasionalnya, PT Jasa Angkasa Semesta, Tbk. akan mengimplementasikan Cargo Terminal Digitalization melalui integrasi dengan Cargo Integrated System PT Angkasa Pura I yang akan menyederhanakan proses bisnis, meningkatkan efisiensi, memastikan transparansi pembayaran cashless, serta mengintegrasikan seluruh stakeholder dalam Air Cargo & Logistics Ecosystem seperti maskapai penerbangan, bea cukai dan karantina, Regulated Agent, Ekspedisi Muatan Pesawat Udara (EMPU), Freight Forwarder, dan Cargo Terminal Operator.

Selain itu, Cargo Integrated System ini juga akan terintegrasi dengan HS-Code INSW dan National Logistics Ecosystem (NLE).

Bagikan:
Scroll to Top